Kalian Adalah Putih Abu-Abu !


Oleh : Faisal Rahman, S.Pd (Wakamad Bidang Kesiswaan/Pembina OSIS)

Pelajar MAN Puruk Cahu
Alhamdulillah, segala puji hanya bagi Allah Tuhan semesta alam, tak terasa sekarang kita sudah memasuki semester kedua. Setelah satu minggu lamanya menikmati liburan semester dan juga menikmati kemeriahan pergantian tahun "itu" yang dirayakan melebihi tahun baru Hijriyah. Namun tidak sedikit dari kita merasa satu munggu itu belum cukup. Mungkin ada yang menambah liburnya ataupun yang turun hari pertama ke sekolah pengennya cepat-cepat pulang ke rumah. Padahal masa sekolah ini adalah masa yang takkan terlupakan dan akan selalu kita kenang ketika kita sudah lulus nanti. Gak percaya ? Tanya saja sama Alumni MAN Puruk Cahu ataupun kaka kalian di rumah yang sudah lulus SMA atau MA. Kami berharap kita semua bisa mengisi masa sekolah ini dengan goresan-goresan yang indah.

Sebuah cerita nyata yang terjadi di Lebak, Provinsi Banten. Dimana anak-anak sekolah SD dan SMP berderet menyeberangi jembatan rusak "ala Indiana Jhones". videonya dapat kita lihat di bawah ini:




Pelajar SMP & SD meniti jembatan rusak di Lebak Banten, klik sumber
Sebelum pemerintah setempat memperbaiki jembatan itu, anak -anak berangkat sekolah  harus melewati jembatan ala Indiana Jones tersebut. Berbeda dengan anak sekolah pada umumnya, anak-anak yang pulang pergi melewati jembatan itu harus bertaruh nyawa untuk sampai ke sekolah dan pulang ke rumah. Pada foto jelas terlihat beberapa orang pelajar SMP dan SD di kampung Tanjung, Lebak, Banten, meniti jembatan rusak yang hanya dihubungkan dengan satu tali terbentang di atas Sungai Ciberang. Merayap perlahan-lahan, agar tidak tergelincir masuk ke dalam sungai Ciberang yang berarus deras dan dalam. Mereka hanyal berpegang pada tali dan kayu-kayu sisa-sisa jembatan. Bisa kita bayangkan betapa mengerikannya pemandangan seperti itu. Mereka tak patah semangat untuk berangkat ke sekolah meski maut adalah taruhannya. Daily Mail menulis : "Aksi mereka seperti aksi di salah satu adegan di film Indiana Jones and The Temple of Doom".


Rasulullah SAW bersabda :

طَلَبُ الْعِلْمِ فَرِيْضَةٌ عَلَى كُلِّ مُسْلِمٍ

Artinya :
“Menuntut ilmu itu wajib atas setiap Muslim.” (H.R. Ibnu Majah)

Islam sangat menekankan kepada kita betapa pentingnya menuntut ilmu. Karena menuntut ilmu jelas wajibnya di dalam Islam, setiap yang diwajibkan pastilah punya hikmah yang besar. 

Allah SWT berfirman yang artinya :
"Hai orang-orang beriman apabila kamu dikatakan kepadamu: "Berlapang-lapanglah dalam majlis", maka lapangkanlah niscaya Allah akan memberi kelapangan untukmu. Dan apabila dikatakan: "Berdirilah kamu", maka berdirilah, niscaya Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. Dan Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan". (Q.S. Al Mujadilah : 11)

Rasulullah SAW bersabda yang artinya : 
“Barang siapa yang keluar rumah untuk menuntut ilmu, berarti dia berada di jalan Allah hingga pulang” (HR Turmudzi)

Dalam hadits lain Beliau bersabda yang artinya :
“Barang siapa menempuh jalan untuk menuntut ilmu agama, pasti Allah membuat mudah baginya jalan menuju surga.” (HR Muslim)

Sebenarnya banyak sekali ayat-ayat Al Qur'an dan hadits-hadits Nabi yang menerangkan keutamaan atau keistimewaan orang yang menuntut ilmu. Namun pada kesempatan ini saya mengajak anak-anakku siswa dan siswi MAN Puruk Cahu agar menanamkan niat sungguh-sungguh dalam belajar dan jangan sekali-kali terlintas niat untuk bermalas-malasan dalam menuntut ilmu. Semoga kita dapat mengambil hikmah dari apa yang diajarkan oleh Rasulullah SAW. Jangan sampai mental kalian kalah dengan mentalnya  anak-anak SD   di Lebak, Banten yang mempertaruhkan nyawa untuk berangkat ke sekolah. Namun ingatlah kalau kalian bukan lagi seusia mereka, kalian bukan lagi "Putih Merah" ataupun "Putih Biru". Tunjukkan bahwa kalian "Putih Abu-Abu".

Semoga ini bisa bermanfaat buat kita semua, Amin.
 

0 komentar:

Posting Komentar